Image article

Jam Tidur Berantakan, Apakah Pasti Mengalami Insomnia?

Teman teman seringkali merasa jam tidur berantakan? Sulit untuk tidur? Apakah ini berarti teman teman mengalami gangguan insomnia, atau hanya sekedar masalah tidur biasa saja? Nah, kita akan sedikit membahas mengenai masalah tidur ini. Apakah kalau teman teman sulit tidur atau jam tidurnya berantakan, sudah pasti mengalami insomnia? Yuk kita bahas sedikit.

Bentuk Bentuk Insomnia

Selama ini mungkin teman teman hanya mengetahui kalau insomnia itu artinya tidak bisa tidur sama sekali. Tapi sebenarnya, ada beberapa jenis masalah tidur loh yang perlu teman teman ketahui. Tepatmya, ada tiga masalah tidur yang bisa dikaitkan dengan insomnia, yaitu sulit untuk memulai tidur, sulit untuk mempertahankan tidur, bangun terlalu pagi dan tidak bisa melanjutkan tidur. Yuk kita coba bahas satu per satu ya

Sulit Memulai Tidur

Sulit memulai tidur merupakan salah satu gejala umum yang sering dikatikan dengan insomnia. Maksud dari sulit memulai tidur ini adalah, teman teman benar benar tidak bisa tidur sama sekali. TIdak bisa tidurnya bukan karena sedang bekerja lembur, atau sedang bekerja pada shift malam ya, tapi sudah ada niat untuk tidur, dan sudah waktunya tidur, tapi teman teman tidak bisa tidur sama sekali sampai semalaman. Sudah nempel di kasur, tapi baru benar benar bisa tidur jam 1 malam, nah ini salah satu contoh dari sulit memulai tidur.

Sulit Mempertahankan Tidur

Idealnya, kita sebagai manusia butuh waktu istirahat dan tidur di malam hari antara 6 sampai 8 jam. Ini adalah waktu dimana bisa dikatakan kita tertidur nyenyak dan beristirahat. Tapi, ternyata ada juga loh kondisi dimana teman teman mungkin sulit mempertahankan tidur ini. Misalnya, jam 9 sudah bisa tidur, lalu tiba tiba terbangun di jam 11 malam. Kemudian tidur lagi, dan terbangun lagi jam 2 pagi, tanpa alasan. Ini adalah salah satu gejala insomnia juga loh teman teman

Bangun Kepagian, dan Tidak Bisa Tidur Lagi

Pernahkah teman teman terbangun jam 2 pagi, tanpa ada niat untuk bangun pagi, alarm, atau kepentingan tertentu, lalu tidak bisa lanjut tidur lagi? Nah, ternyata ini juga bisa masuk kategori insomnia loh.

Lalu, apakah kalau teman teman mengalami salah satu dari 3 bentuk masalah tidur di atas, sudah pasti mengalami insomnia? Belum tentu kok. Masalah tidur itu baru bisa dikatakan sebagai insomnia kalau memang sudah terjadi dalam kurun waktu yang sangat sering, berhari hari, berminggu minggu, bahkan berbulan bulan secara rutin.

Kalau teman teman terbangun di tengah malam karena mendengar suara mencurigakan, itu bukan insomnia kok, tenang saja. Tapi, kalau teman teman merasa selama beberapa bulan terakhir, teman teman mengalami masalah tidur tersebut dan membuat teman teman menjadi merasa sangat stress, atau jadi sulit beraktivitas normal, nah coba deh periksakan dulu ke Psikolog ataupun Psikaiter. Plus, jangan lupa juga untuk cek pola makan dan gaya hidup teman teman juga ya. Salam sehat !

Author Avatar

Posted by : Eduardus Saptono Pambudi S.Psi, M.Psi, Psikolog

31 Dec 2020

Recommended reading

TOP